Monday, June 16, 2008

Retreat terberat

Iyah...beraaaattt banget...
Bukan berat bawaannya, bukan berat materinya juga, tapi berat di hati dan pikiran.
Dan lagi, ini retreat yang paling "berkesan" karena hanya dalam waktu 3 hari 2 malam, semua yang termasuk kategori "perasaan manusia" (tau kan apa maksudnya? maksudnya tu senang, sedih, marah, bete, cemas, bosan, tegang, kecewa, nyaman, takut, dll) gw alami semuanya! Kayanya gak ada yang terlewat satupun termasuk yang "itu" (apa tu? pikirlah sendiri).
Biasanya, (di retreat sebelum2nya) gw merasa sangat senang, pokoknya semua perasaan yang baik2 lah! Tapi yang satu ini berbeda, bahkan diakhiri dengan setitik rasa kecewa sebelum akhirnya aku pulang.
Apa maksud Daddy yah???

Gw menikmati acaranya.
Sangat menikmati malah.
Gw menikmati setiap firman yang dibagikan dan sangat terberkati olehnya.
Dan gw rasa, saat2 yang paling menyenangkan adalah saat2 berlangsungnya acara renungan, sesi2, pokoknya saat2 di mana FirTu dibagikan, saat2 gw duduk manis dan mendengarkan my lovely Daddy ngomong.
Yeah, itu saat2 yang paling menyenangkan buat gw.
Setelah kembali ke dunia nyata, kadang gw berpikir untuk mengurung diri di kamar aja tanpa harus tau apa yang terjadi di luar. Tapi gw sadar itu hal yang sangat gak mungkin gw lakukan saat itu.
Ya gitulah...
Tetap aja ada hal yang harus dikerjakan.
Hari pertama...
Gw cukup bersemangat pada awalnya. Gw cukup menaruh harapan di retreat ini.
Akhirnya k'hobert berbicara, menjelaskan panjang lebar tentang apa itu retreat. Buat gw si cukup kena yah, mengingatkan gw ama omongannya yang sama 2 tahun lalu waktu retreat angkatan gw.
Lalu k'stivo berbicara. Errr...gw malah lupa sekarang dia ngomong apa waktu itu...tapi seinget gw ada catatannya kok.
Habis itu evaluasi ampe malam, dilanjutkan acara yang gak ada di jadwal ampe sekitar jam setengah 2an (jam2 segitu gw masuk kamar karena udah gak tahan lagi berada di kapel) dan mencoba untuk tidur tapi ternyata malah gw sama sekali gak bisa tidur!! Darn...
Paginya gw gak sarapan. Malas.
Akhirnya sesi dimulai. Sesi 1 dan 2 digabung.
Gw akan menceritakan yang terjadi waktu itu.
Ada saat2 di mana kami memainkan permainan yang dibuat oleh bang dodo selaku pembicara. Permainan yang gw pikir menarik.
Lalu ada juga saat kami semua bergandengan tangan, disuruh membayangkan 5 nama orang2 spesial (itu si yang gw tangkep) dan mendoakan mereka. Gw menyebutkan lebih dari 5 orang karena mereka adalah satu kesatuan orang2 spesial buat gw. Orang2 itu adalah papa, mama, grand, ririn sahabat gw tercinta, tito, toho, conee, neny sahabat gw di kampus, okke yang lagi sakit, bang marey abang gw tersayang, dan k'stivo.
Waktu itu bang marey ada tepat di kanan gw dan k'stivo ada tepat di kiri gw. (tangan kiri gw pegel, cuy!) Gw mendoakan mereka secara khusus supaya diberikan kesehatan dan kemampuan untuk meng-handle adik2 di RK selama retreat berlangsung dan sepertinya doa gw dikabulkan karena gw perhatikan mereka berdua bisa menjalankan tugas yang memang seharusnya dikerjakan. Hehehehe... paling k'stivo aja yang gw perhatikan rada berlebihan (as always kan? sibuk sendiri tanpa mencoba melibatkan yang lainnya. protes2 aku selama ini kaya diabaikan begitu saja. parahparahparahparahparah...dan konsentrasinya lebih besar di satu orang pula! ckckckck...eh, kalo di farmasi, kalo konsentrasi salah satu komponen obat terlalu berlebihan dari prosedur yang ada, orang yang minum obat itu bisa sekarat loh.)
Habis itu ada sharing kelompok. Kelompok yang gw pegang rada2 semua orang2nya. Hahahaha... pada malu2 gitu kalo ngomong...kecuali k'daniel si. Oyah, gw baru inget kalo retreat 2 tahun terakhir ini gw selalu sekelompok ama k'daniel. Cuma bedanya gw kabur dari kelompok yang waktu retreat tahun lalu. hehehehe....maaf, kak...
Sesi 3 adalah sesi terberat buat gw.
Gw sulit untuk konsentrasi waktu itu karena ada suatu hal yang terjadi sebelumnya.
Gw sulit untuk menutupi kalo gw sedang sangat2 sedih dan gw bener2 udah mau nangis di dalam aula. Rasanya waktu itu gw pingin cabut dari ruangan itu dan mengunci diri di kamar untuk nangis sejadi2nya. Tapi, gw berjuang untuk tetap berada di kapel dan mencoba sekuat tenaga untuk tidak menangis dan berjuang untuk bisa konsentrasi ketika FirTu dibagikan. Dan rupanya itu cukup menghabiskan energi berhubung malam sebelumnya gw gak bisa tidur sama sekali karena ada "hantu" yang melayang2 di otak gw. Tapi akhirnya He made me calm dan akhirnya gw bisa mendengarkan FirTu dengan baik dan gw terberkati oleh FirTu yang disampaikan. Thanks for my lovely Daddy...
Lalu makan malam.
Ada sesuatu yang terjadi yang bikin gw marah ama seseorang (gak usah sebut merk de) karena...gw si mikirnya itu suatu kesalahpahaman kali yah...tapi udah kelar kok. Setidaknya gw merasa begitu sekarang. Tauk de dia...
Nah, karena gw marah, gw diem aja waktu dia manggil di tengah2 sesi 4. Bukan nyuekin si, gw hanya mencoba untuk menenangkan diri daripada gw muntahkan semua di situ (tengah2 sesi pula!) gak enak kalo ada yang tau. Masa berantem di tengah2 khotbah si? Apa kata dunia? Eh, salah! Apa kata Daddy? Hehehe...
Sebenernya gw mau ngomongin setelah semua acara hari itu selesai yang artinya setelah evaluasi. Tapi....waktu itu dia ngomong yang intinya,"...aku gak mau ngebahas ini, tik!" sambil pergi gitu aja.
Antum*!! Terhenyak gw!! Langsung de gw lari ke ruang makan (gw rasa muka gw udah berantakan de) ambil minum, di situ juga ada k'martua yang lagi ambil minum juga, gw ngomong beberapa kata ke dia dengan suara yang bergetar, lalu lari ke kamar.
Untung lampu kamar dimatiin, jadi gw langsung tutupin muka gw dengan selimut dan bantal dan gw cuma bisa nangis sejadi2nya ampe gw ketiduran.
(*antum = cuma kata pengganti yang lebih punya arti daripada gw ngomong an**** dan sebangsanya. antum sendiri adalah mata kuliah anatomi tumbuhan yang dosennya paling ngeselin. hahahaha...)
Paginya (waktu bangun) perasaan gw jauh lebih baik karena udah sempat ditumpahin ama Daddy ampe ketiduran. Tapi masalah baru datang. Mungkin karena tertekan di hari sebelumnya, akirnya gw depresi yang ditandai dengan kepala sakit kaya mau pecah, perut mual2, akibatnya kalo liat makanan bawaannya pingin muntah, dan bahkan teh manis hangat yang teorinya membuat perasaan dan perut lebih baik gak mempan! Tehnya gw muntahkan lagi bersama cairan lambung yang akhirnya bikin lambung gw tersiksa. Maaf yah, lambung...
Gw gak datang briefing pagi de...
Lalu, akirnya gw ngomongin masalah itu dengan orang itu dan akirnya selesai sudah.
I felt better after that.
Dan outbond pun cukup menyenangkan.
Hahaha...kelompok gw menang yel2 terbaik. Hehehe...
Sorenya pulang de.
Masih ada kesedihan terdalam yang belum selesai.
Akirnya cuma bisa melampiaskannya dengan bernyanyi2 ria selama 2 jam perjalanan pulang. Kan di bis gw isinya banyak alumni2 gila dan ada gitar! Ya udah...
Suara gw sekarat de pagi ini.
Nyampe rumah, ada cumi2 goreng buatan mama! Makan de...langsung tidur habis baca smsnya si renot...
Karena kesedihan terdalam gw belum selesai, akirnya gw cuma bisa curhat ama Dad sambil nangis2 darah tadi pagi. Gw selalu merasa lebih baik setelah nangis2, peluk Daddy sambil curhat. Tapi tetep aja gw belum menemukan jawabannya. Gw pasti dapat jawaban itu tapi mungkin gw baru bisa dapati jawabannya setelah semua tugas periode ini berakhir kecuali Dad memutuskan lebih cepat ato mungkin lebih lambat. Kalo mau jujur si gw tersiksa ama keadaan yang seperti ini. Hidup tanpa kepastian sehingga gw jadi takut untuk mengharapkannya, akibatnya gw saat ini gak tau keputusan apa yang harus gw ambil. Apakah gw harus mundur ato tetap setia pada pengharapan akan itu. Tapi seperti kata pembicara di sesi 3, Tuhan bisa pake segala keadaan untuk bikin gw makin dewasa.
Gw beruntung, setidaknya ada bang marey, abang gw tersayang yang bisa dengerin curhatan gw selama retreat. Dia yang paling tau keadaan gw sebenarnya dari awal retreat ampe akhir, mungkin ampe sekarang juga. Maaf merepotkan...
Kalo kakak gw satu lagi....kayanya lagi asik sendiri, lagian kalo gw sedang berbasa-basi untuk memulai curhat, dia selalu bersikap seolah ngomong, "ya udahlah, itu biar jadi rahasia tika dengan Dad". Kaya gak mau tau gitu.
payah...
Kaya semalam, gw sms basa-basi bermaksud untuk curhat, tapi gak dibalas akirnya. Ya udah, jadi malas...
Kira2 begitulah yang terjadi...

Gw harap gw mendapatkan kepastian secepatnya sehingga gw tau harus bertindak seperti apa. Sejauh ini, gw udah memulai satu langkah baru kemarin, tinggal lihat respon (itu juga kalo dia nyadar) dan akirnya gw baru bisa mengambil keputusan selanjutnya.

Terima kasih untuk teman2 yang sudah bekerja sama dengan saya dan membantu saya dalam tindakan dan dalam doa...
Gbu all...

posted by Daniella Prima Mustika @ 05:56  

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home