Thursday, June 05, 2008

Tak ada logika

Tadi ujian praktikum antum (anatomi tumbuhan). Bisa dibilang aku gak benar2 belajar! Yang aku pelajari kemarin2 seperti hilang begitu saja dari otak aku.
Hhhh...
Daripada makin panik, ntar malah makin ngeblank, ya udah aku nyantai2 ajah!
Waktu di luar lab, aku cuma dengerin orang2 yang lagi mencoba terus menghafalkan materi2 ujian tanpa ada yang masuk satu pun. Mungkin otak aku bener2 lagi capek kali yah...Hahahaha..
Ya sudah, akhirnya tiba saat ujian.
Ujiannya tuh diundi dan waktu ujiannya cuma 30 menit. Aku dapat meja nomor 17.
Di meja ada mikroskop, pinset, jarum, lampu spirtus, dan yang pasti ada object glass plus cover glass buat preparat, trus ada pipet, ada gliserin untuk media preparat, ada kloral hidrat untuk menghilangkan klorofil supaya tidak mengganggu pengamatan.
Di cawan penguap, ada sepotong daun yang udah dipotong kecil (jadi kita bener2 gak tau tu daun apaan).
Waktu lihat aku dapat daun, aku udah pasrah! Masalahnya adalah, mengiris daun secara melintang tuh susah gila! Selama praktikum daun, aku gak pernah bisa dapetin preparat yang benernya! Mati aku...
Terus, aku ambil tuh daun.
Aku amati dalam2.
Mencoba mencari ilham daun apakah itu.
Aku mencari gabus untuk membantu dalam proses pengirisan.
Gak ada!!
Akirnya aku berpikr...

...

Itu artinya.......
Aku harus menyayat daun itu secara MEMBUJUR melalui tulang daun!!!
Seneng banget aku! Karena jauh2 lebih gampang dapetin preparatnya!
Kalo udah dapat preparatnya, aku bisa tau itu daun apaan.
Akirnya, mulailah aku menyayat tulang daunnya secara membujur, ditaruh di object glass, tetesin sedikit kloral hidrat, dipanaskan sebentar sampai warna hijaunya gak ada, trus tetesin gliserin sebagai media preparat, trus diamati di bawah mikroskop.
DAPAAAT!!!
Langsung de aku gambar dan kasih keterangan.
Oke, selesai satu masalah.
Sekarang masalahnya adalah, aku tetep aja gak tau itu daun apaan!!
Sisa waktu aku pakai untuk menebak2 kira2 itu daun apaan.
Aku coba untuk membau baunya.
Kayanya gak asing de....tapi apa yahh....
Karena daun itu berambut yang adalah trichomata di bawah mikroskop, aku cuma mikir kira2 daun apa yang punya trichomataaaaa????
Akhirnya ibu mengumumkan waktunya tinggal semenit lagi..
Akirnya, dengan berat hati aku menulis :
Tanaman asal : Hibiscus tiliaceus (waru)
Familia : Malvaceae

Aku tau itu salah!
Tapi mau gimana lagi...

Dan jawaban yang benar adalah Nicotiana tabacum familia Solanaceae (tembakau).
Pantes baunya kaya gak asing lagi...
Ternyata.....

Ya udahlah...
Mau diapain lagi...

Mana tadi tiba2 ada ujian perbaikan kimia analisa kuantitatif...
Gak bisa ngerjain!!
Tauk ah...

Lupakan2!

Cape banget hari ini...
Tidur ah....
Bu bye....
Gbu all....

posted by Daniella Prima Mustika @ 19:35  

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home