Sunday, August 03, 2008

Bisa dibilang inilah kenyataan!

Ada sebuah fenomena yang terlihat secara abstrak di sini dan gw jadi mengingat percobaan kimia fisika tentang pengaruh suhu terhadap kelarutan garam kalsium oksalat.
Gw akan mencoba menjelaskannya yah.

Pertama2 panaskan air dalam beaker glass hingga suhu 40'C (pertahankan suhu) kemudian masukkan garam kalsium oksalat sambil diaduk hingga jenuh. Yang dimaksud larutan jenuh adalah bila garam Ca.oksalat ditambahkan, udah gak bisa larut lagi. Setelah diperoleh larutan jenuh Ca.oksalat, dinginkan dalam penangas es, lalu ukur suhu larutan. Hasil pengamatan diperoleh :

"semakin rendah suhu, semakin banyak endapan"

kok bisa yah?
begitulah fenomena yang terjadi.

sekarang coba kita pikirkan. apakah dalam kehidupan manusia hal tersebut ada artinya?
yah! ada!
gw akan mencoba menceritakannya (berdasarkan pengalaman gw pastinya).

air dalam beaker glass yang dipanaskan berarti hati manusia yang menggebu2 untuk melakukan sesuatu yang memang harus dilakukan.

garam ca.oksalat yang ditambahkan bisa diartikan banyaknya masalah dan tantangan dalam melakukan sesuatu yang memang harus dilakukan.

ketika air dan ca.oksalat bercampur, artinya kita memberikan reaksi terhadap segala masalah dan tantangan yang kita hadapi.

ketika air dan ca.oksalat telah menjadi larutan jenuh ca. oksalat, artinya kita mulai jenuh dan muak terhadap segala tantangan yang kita hadapi. mungkin di saat2 seperti ini kita jadi merasa marah, kecewa, serba gak enak hati dsb.

fenomena yang terjadi ketika larutan jenuh ca.oksalat didinginkan endapan yang terjadi malah semakin banyak berarti, banyak orang berpikir ketika mulai jenuh, capai, dan tidak tahan lagi menghadapinya, (udah emosi banget lah intinya) mencoba mendinginkan hati dan 'beristirahat' sejenak (menunda untuk menyelesaikannya). tapi apa yang terjadi? pinginnya sih kalo udah dingin, semuanya akan terasa lebih baik...tapi yang terjadi sebenarnya adalah justru endapan masalah semakin meningkat hingga akhirnya seluruh larutan berubah menjadi kristal2 oksalat dan mungkin meluber keluar dari beaker glass.

apa yang bisa kita pelajari dari ini semua?
yah, ada kalanya menunda menyelesaikan masalah dengan cara memberi waktu seseorang untuk "mendinginkan hati" adalah bijaksana. tapi ada kalanya yang terjadi justru sebaliknya seperti perumpamaan di atas.

huaaahhh...ngantuuukk...
tidur yah!
Gbu, dear.............

posted by Daniella Prima Mustika @ 21:14  

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home