Thursday, May 28, 2009

haruskah kita kuatir?

kalo baca judul tulisan gue ini, apa yang terpikirkan oleh kalian?

rasa takutkah? gelisah? wadoh, ini gimana yah? or itu gimana dong?
ntar kalo begini gimana? kalo begitu gimana pula?

mau percaya apa gak, kita merasa kuatir tentang ini dan itu nyaris setiap hari! betul atau betul? pasti bener lah! gue gitu...nah, pertanyaan yang mungkin adalah : kenapa sih kita khawatir?? ada apa sih sebenernya?

pastinya kalo gue bakal kuatir kalau kerjaan belom beres.
kalo ada orang yang tenang2 aja walaupun kerjaan belom beres, gilaaa...salut dah! kalo gue pribadi sih, kalo ada sesuatu yang belom beres, pasti gue mikirin itu terus di dalam otak gue (bukan di hati, karena di hati tidak terdapat neuron2 yang memiliki kemampan untuk menyimpan dan menganalisis informasi). walaupun tampang gue seolah2 tenang2 aja, tapi sebenernya di otak gue udah panas banget menganalisis segala data yang tersimpan di sana. nah, ini nih yang sering menyesatkan orang2 di sekitar gue...
gue emang gelisah, tapi karena gue emang gak menunjukkannya alias memasang muka nyantai bin bodo amat, akhirnya gue di kampus (apalagi ma anak2 PMK) dikenal sebagai orang yang paling nyantai tanpa beban. kalo udah ngomongin masalah ini ya, gue selalu bilang dalam hati "yah, belom tau dia...".
kalo gue keliatan nyantai di tengah2 kesibukan gue dan segala tetekbengeknya, cuma ada 3 kemungkinan yang terjadi :
  • gue emang lagi nyantai
  • gue lagi menyusun strategi di otak gue dan mengurutkan apa2 yang jadi prioritas
  • gue lagi panik
nah, kalo semingguan ini (sibuk2nya gue ngurusin banyak hal yang deadlinenya deket2) walaupun tampang gue selow2 saja, tapi yang terjadi di dalam otak gue adalah poin yang ke 3. (jangan ditiru ya!)
yap! gue lagi panik!! panik berat!! nah, saking paniknya, emosi gak stabil. jumat minggu lalu gue nyaris ngamuk2 ama orang2 waktu evaluasi PJ. walaupun tampang gue selow, omongan gue tu yang rada2 ninggi. trus waktu semua orang dah pada balik, gue cuma bisa nangis di PMK saking marahnya. yap! nangis selalu jadi cara gue meredam emosi yang udah nyaris meledak. dan sejauh ini sih itu ampuh banget. gue gak perlu ngamuk2 gak jelas dengan kata2 yang gakenakdidenger. kalo air mata uda meluber (halah2...) ya udah. it's done. emosi gue akan kembali ke titik awal. canggih ya! ahahahaha....

yah, itulah salah satu kelebihan gue yang rada2 tapi sangat bisa diandalkan di saat2 sulit.

back to the topic! kenapa si kita kuatir?
kalo2 ada sesuatu yang kata orang segala sesuatunya gak bisa diprediksi.
yang gak jelas gini ni yang bikin gue keki. ahahaha...karena sebelum melakukan segala sesuatu, gue selalu merencanakannya dengan memikirkan tingkat2 keberhasilan, kesulitan2nya di mana, dsb. pokoknya segala sesuatunya kudu jelas de.
nah, kalo kalian pernah menemukan gue sedang melakukan sesuatu yang gak jelas, berarti itu tanda2 kalo gue lagi pengangguran. haha...kan gue gak bisa anteng gitu orangnya. harus ada sesuatu yang gue kerjakan (termasuk tidur!)
kalo yang akan gue lakukan gak bisa gue prediksi dengan akal sehat, biasanya si gue panik. panik tanda kuatir.
contoh simpelnya si kaya sekarang. gue ntar siangan ujian praktikum fisika farmasi. ujiannya hari ini nyusun proposal praktikum. yup! bikin proposal! nah, karena gue gak ada bayangannya sama sekali yaaaaahhh....gitu...
tadi pagi2 pas bangun tidur, gue udah panik minta ampun. gue berusaha sate dulu sambil menenangkan diri dan berdoa minta hidayah Daddykun, apa yang mesti gue lakukan. trus gue akhirnya telpon temen gue minta diajarin. dia bilang janjian aja ntar jam 8 di perpus. haaahhh...udah dapet orang yang bisa ngajarin di detik2 terakhir sebelum ujian, udah tenang gue...akhirnya ngeblog de sebelum siap2 berangkat ke kampus.

nah, sebenernya perlu gak si kita kuatir?
hari ini gue diingetin banget bagaimana Daddykun menopang gue selama 2 minggu terakhir ini. di saat2 gue bener2 mencurahkan segala tenaga gue untuk beberapa hal yang harus ditangani minggu2 ini, gue masih bisa terus bertahan itu bukan karena gue sendirian. gue tau kapasitas maksimal gue dan kalo mau dipikir pake logika, gue gak akan bisa menyelesaikan segala sesuatunya.
bayangin aja dalam 2 minggu ini gue harus ngurusin mading senat, tugas2 kelompok kuliah, ngurusin PJ farmasi, ngurusin PAF jumat kemarin, ujian praktek, bikin laporan2 praktikum, ngurusin workshop (gue koor.acaranya seperti biasa), ngurusin lomba karya tulis ilmiah (gue panitia pubdok), nyiapin buat KSK jumat ini karena gue jadi pembicara, masih ngurusin ret2 70, dan latihan musik buat ngiringin vokal group di ibadah jam 6 pagi minggu besok ama latihan musik buat ibadah pemuda minggu malemnya.
ahahahaha...kalo dipikir2 gue gak sanggup! tapi sejauh ini udah mau beres. 70% udah kelar lah. hebat yah! kalo inget semua yang ini kesimpulan gue cuma 1. gue gak sendirian! secara invisible tapi visible, ada seorang pribadi yang selalu menopang gue dan ikut mengerjakan segala sesuatu yang sedang gue kerjakan ini. yah! gue gak kerja sendirian. dan gue bersyukur akan keajaiban2 yang udah Daddykun kerjakan. kyaaa...senaaang!

jadi, pantaskah sebenernya kita kuatir kalo ternyata segala keperluan kita udah diatur ama Daddykun?

posted by Daniella Prima Mustika @ 06:22  

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home